Pekerja sosial, bukan profesi amal

Ajang perkenalan -- Pekerja Sosial-- Pekerja Sosial Anak --- Unicef ---.
Pekerja sosial merupakan profesi.
profesi seperti apa ? bagaimana prospek kerja ? atau bahkan apa yang peksos lakukan dalam kerjanya ?
sebelum ke dalam pembahasan, saya akan mengulas beberapa temuan yang mengindikasikan katanya "pekerja sosial". Miris memang, ketidaktahuan akan profesi ini menjadikan siapapun yang berada dalam lingkup kerja sosial, akan mengakui bahwa dirinya pekerja sosial.
seperti yang pernah dimuat di surat harian lokal ternama, menyebutkan bahwa pekerja sosial adalah RT. RW, Lurah, Para Tenaga sosial yang melakukan pengabdian masyarakat, namun tidak digaji, atau mendapatkan gaji namun lebih condong kepada masyarakat.
bagi anda yang masih mempunyai kerangka pikir seperti ini, mungkin belum terlambat untuk memperbaiki pemahaman.
mengutip dari beberapa  ahli mengenai definis pekerja sosial
Max Siporin mengatakan bahwa "
Social work is defined as a social institusional method of helping people to prevent and resolve their social problems, to restore and enchance their social functioning".
"Pekerjaan Sosial adalah suatu metode institusi sosial untuk membantu orang mencegah dan memecahkan masalah mereka serta untuk memperbaiki dan meningkatkan keberfungsian sosial mereka".
W. Friedlander dan Robert Z. Apte
Social work is a profesional service, based on scientific knowledge and skill in human relations, which help individuals, groups, or communities obtain social or personal satisfaction and independence.
"Pekerjaan Sosial merupakan suatu pelayanan profesional, yang prakteknya didasarkan pada pengatahuan dan keterampilan ilmiah tentang relasi manusia, sehingga dapat membantu individu, kelompok, dan masyarakat mencapai kepuasan pribadi dan sosial serta kebebasan"

Charles Zastrow
Social work is the professional activity of helping individuals, groups, or communities to enchance or restore their capacity for social functioning and to create societal conditions favorable to their goals.
"Pekerjaan Sosial merupakan kegiatan profesional untuk membantu individu-individu, kelompok-kelompok dan masyarakat guna meningkatkan atau memperbaiki kemampuan mereka dalam berfungsi sosial serta menciptakan kondisi masyarakat yang memungkinkan mereka mencapai tujuan"

Rex A. Skidmore dan Milton G. Thackeray
Social work seeks to enchance the social funtioning of individuals, singly and in groups, by activities focused upon their social relationship which constitute the interaction between man his environment.
"Pekerjaan Sosial bertujuan untuk meningkatkan keberfungsian sosial individu-individu, baik secara individual maupun kelompok, dimana kegiatannya difokuskan pada relasi sosial mereka, khususnya interaksi manusia dengan lingkungannya"


Dari beberapa defenisi di atas kita dapat menarik kesimpulan mengenai apa sebenarnya yang dimaksud dengan Pekerjaan Sosial :
Pekerjaan sosial adalah kegiatan pertolongan, orientasi pertolongan pekerjaan sosial dipusatkan pada kepentingan orang-orang yang ditolong (klien), untuk kepentingan pemecahan masalah klien bukan kepentingan pekerja sosial. Pekerja sosial selalu bekerja sama dengan klien, dan menuntut adanya partisipasi aktif dari kliennya (perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian).
nah, dari berbagai definisi diatas, kita dapat memahami bahwa pekerja sosial merupakan profesi yang serius, memiliki kode etik profesi, memiliki metodologi dan tekhnik dalam proses pemberian pertolongan.
pekerja sosial, memang profesi yang diharuskan para peksosnya memiliki "hati" dan kepekaan terlebih dahulu, karena semua proses pertolongannya bukan ilmu eksak, 1+1 = 2, dalam implementasinya, 1+1 = 1,5 , 1, 4, bisa jadi angka yang lain.
pekerja sosial merupakan seseorang yang mendapatkan ilmunya baik di SMK (SMPS), atau pendidikan tinggi dalam jenjang DIV, maupun strata 1, bisa juga didapatkan melalui berbagai pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga terkait, seperti IPPSI, IPSPI, BPPS, dsb.
lalu, individu maupun kelompok yang melakukan berbagai aksi dan kegiatan sosial tidak bisa kita katakan pekerja sosial ?
tidak, untuk pekerja sosial, but yes untuk TENAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL.
iya, mereka adalah orang-orang yang melakukan kegiatan-kegiatan sosial namuan tidak atau belum mengenyam pendidikan profesional dalam pekerja sosial.

 nanti akan saya kupas yah untuk soal pekerja sosial versus tenaga kesejahteraan sosial ^_^.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 lokasi cetak kain (sublimasi) dan lokasi hits beli kain polyester di Bandung. Cocok untuk pengusaha produk custom

Enam Rekomendasi Wedding Souvenir dengan harga 10-ribuan!

Manusia pertama di bumi dan Kehebatannya