4 lokasi cetak kain (sublimasi) dan lokasi hits beli kain polyester di Bandung. Cocok untuk pengusaha produk custom

Setahun yang lalu, ketika saya baru memulai kembali (setelah beberapa kali gulung tikar bisnis) untuk membangun ide untuk jualan, bingungnya parah buat nyari informasi bahan yang bisa dipake. Bisnis saya untuk membuat produk custom wedding souvenir, bantal dan goodie bag. Semuanya butuh di print (karena custom). Awalnya, dulu hanya bantal.

Nah, kamu ataupun saya dulu pasti berpikir kalo print bantal pake cetakan mesin spanduk kecil atau bahkan ekstrimnya ada yang mikir pake printer kertas epson atau HP. (pffttt, langsung kibas jilbab). Ternyata, beda ya teman-teman, untuk mencetak semua jenis kain yang akan dijadikan produk print, kamu harus melalui proses cetak di mesin print sublimasi. Mesinnya segege gaban, gede banget, ada juga sih yang medium, tapi rata-rata yang dipake pada gede. Kain yang dipake juga khusus, gak semua kain bisa dicetak. Saya akan paparkan mengenai jenis kain, lokasi membeli kain dan tempat hasil jajah lokasi print beserta plus dan minusnya


Mental yang kuat dan tidak lelah untuk googling, Kamu yang baca artikel saya kali ini, akan mengurangi effort buat dua hal ini, dulu, saya harus loncat dari satu artikel ke artikel yang lain, tanya satu kontak ke kontak yang lain buat cari informasi mengenai kain dan tempat yang bisa dipake buat print kain. Nguras banget waktu, mental dan hampir lelah, tapi kebayar kok hasilnya. Ditambah, beberapa lokasi yang akan saya paparkan disini, udah kayak mudik. Pada jauh-jauh dan lokasi macet luar biasa di beberapa titik. Untuk wanita. Harus strong banget dan kuat sendirian.

Berikut beberapa lokasi membeli kain untuk keperluan produk print. Syarat utama untuk membuat produk print-nan adalah kain kamu harus mengandung polyester, setidaknya lebih dari 30%. Kain yang mengandung 100% katun, linen atau sebangsanya tanpa poly, mutlak tidak bisa di print, kalo pun dipaksakan dijamin hasilnya pudar, tidak tegas dan parah. (saya pernah pake kanvas biasa tanpa poly, katun tanpa poly, satin tapi zonk). Jadi, pastikan tanya mang-mang kainnya, ada polyesternya apa ngga, ngebedainnya juga mudah kok, liat di serat kain dan biasanya kain polyester tidak mudah kusut. Coba aja. Hihi.

1.      Cigondewah
Nah, ini lokasi favorit saya sama tim sahabi (produk usaha wedding souvenir dan bantal custom saya) untuk belanja produk bahan kain. Luangkan waktu kamu seharian, ambil duit cash seperlunya (hampir semua toko disini gak pake mesin EDC) dan siap-siap lapar mata, jalan kaki buat liat ratusan koleksi kain yang berbagai macam ada. Nah, sekedar tips dari objektivitas pribadi nih, biasanya kalo tokonya udah ada di dalam ruko, dijualnya meteran, gak kiloan, harganya juga kayak udah kompakan sesama pedagang ruko, agak mahal sih, tapi tetep murah itungannya dibanding di lokasi beli kain yang lain. 

Kalo saya biasanya nyari kain buat bantal atau produk premium, pasti di ruko, bahan polyster yang biasa saya pake buat bantal atau pouch premium, namanya blackout. Teksturnya lembut, tebal. Blackout dijual meteran sampe per-roll. Per meter dijual 30.000. ini paling rekomended buat bantal kalo di brand saya, enak bahannya adem. Nama tokonya lupa (huhu maafkan), tapi letaknya persis di belokan sebelah kiri kalo kamu ambil jalan motong dari arah sumber sari ke cigondewah, persis sebelah kiri, deket mesjid cigondewah. Gede kok tokonya. Selain disini, ada juga di RTC. Ruko-ruko pedagang kain cigondewah, harganya juga sama, 30.000/meter. Sejauh ini saya hanya menemukan dua toko ini yang menjual bahan yang saya butuhkan.
Bahan Blackout yang sudah di print sublimasi


Selain blackout, kain favorit yang mengandung polyster adalah kanvas. Biasanya kain ini digunakan untuk produk yang mengharuskan terlihat kaku. Seperti totebag, pouch dan beberapa jenis wedding souvenir. Saya biasa memiliki kanvas marsoto, kanvas poly di PD. Komariah, tepat diujung jalan cigondewah, mending kamu jalan kaki aja sih untuk nyusurin jalan ini, sekalian inget kenangan bareng pasangan kan. Pfttt.

Bahan Kanvas setelah di print sublimasi

Serius, di cigondewah yang jual jenis kanvas lengkap banget, kalian bisa coba kesini, dia ada dua toko yang masih satu kepemilikan, tepat di sebrangnya juga. Satu toko hanya jual kanvas berbagai jenis, jangan lupa bilang yang ada kandungan polysternya ya, kalo ngga, nanti kamu dikasih kanvas biasa. Disini, kamu bisa beli kanvas kiloan, harganya bervariasi, 45.000 – 60.000 per kilo. Sekilo bisa dapet 3-5 meter tergantung berat kain.

Bukan hanya kanvas dan blackout yang punya tektur baik untuk produk print, ada kain satin, pelboa, drill juga bisa dipake untuk print. Tapi, sejauh saya mencoba beberapa kain, untuk yang memiliki kain tebal, adem dan mengeluarkan warna yang baik ketika dicetak, dua bahan tadi, blackout dan katun, sisanya memang baik tapi tergantung selera masing-masing orang kan yaaa. Hihi.

Selain kain, saya juga sering beli puring untuk daleman bantal di cigondewah, nah puring banyak yang jual kiloan, kalo saran saya, belinya yang dipinggir jalannya aja, selain bisa ditawar, kamu bebas milih sesuai kebutuhan. Udah kayak cimol, pilih bahan dan harganya murah banget. Sekilo puring bisa dapet 5-7 meter, harganya kurang dari 50 ribuan. Lebih baik ngomong pake bahasa sunda halus kalo sama pedagang sini, bisa ngurangin harga kain dan jadi ngobrol malah. Heheheh.
Khilaf abis belanja kain


2.      Jalan tamim, Pasar baru.
Awal-awal usaha, saya yang malesan nanya ke banyak toko (gak sekuat sekarang), sukanya ke tamim aja, saya pikir paling murah, ketika ke cigondewah, semuanya berubah. Huhuhu. Emang sih, tamim jaraknya deket, di pusat kota, dibanding cigondewah yang jauhnya minta ampun dan harus menerjang kemacetan, apalagi kalo persib main dan bobotoh touring, saya mah mending ngopi dulu aja di warung kopi yang ada.

Beda sama cigon, kalo tamim udah punya jatah masing-masing buat kain yang dijual. Misalnya, kamu nanya aja ke semua pedagang secara random, kalo yang jual kanvas polyster dimana, pasti semuanya bilang “indah textile”, kalo jual bahan drill meteran, katun dan sebangsanya, pasti merujuk ke salah satu nama toko. Soalnya, kalo disini, udah ada jatahnya, yang jual meteran dan harus minimal roll-an. Kalo beli di tamim, juaranya emang bahan kaos kayaknya, banyak banget. Tapi, kalo buat bahan polyster, gak terlalu banyak pilihan (dari segi harga terutama), kalo lagi kepepet aja kesini. (konsumen yang minta dadakan jadinya). Kanvas bisa dibeli di indah tecxtile, harganya 30.000-40.000/meter (bukan sekilo loh ya). Atau di toko milik kakaknya, sebrang indah textile.

Begitupun katun, disini bisa 30.000/meter, drill juga 27.000-30.000/meter, yang bisa meteran bisa kalian cari di pinggir pasar baru yang bakal jalan keluar ke jalan sudirman. Tapi, saya nemu kain murah banget disini itu adalah jenis matador. Nah, ini super duper murah, dijualnya juga bukan di toko yang punya dekorasi bagus, tapi toko yang terpencil, di ujung jalan, kainnya berantakan, tapi warna-warni. Matador disini dijual 10.000/meter, ada polysternya juga, tapi seratnya besar-besar, tekturnya keras, tapi buat tempat pensil rumahan, ini oke punya. Tokonya ujung jalan menuju arah keluar sudirman deket pos satpam sebelah kanan.

3.      Otto iskandar dinata
Kanvas motif otto iskandar untuk wedding souvenir

Ini toko yang bikin saya ngelus dada sama toko kanvas di tamim, harganya menyakitkan, jauh lebih murah kemana mana. Minimal beli di toko sini, dua meter. Minusnya, harus ekstra sabar, penuh banget. Tokonya sebelah kanan setelah YKK puller otto iskandar. Kalo di tamim kanvas dijual 30-60 ribu per meter, disini cuman 24.000/meter. Bikin istigfar dan alhamdulilah bersamaan kan? Hihi. Tapi disini gak ada kanvas polos ya, semuanya kanvas motif, lucu-lucu. Ada bahan spubond juga (buat bahan goodie bag), kulit sintetis. Siap siap gregetan liat motifnya dah.

Nah, itu kan 3 lokasi buat beli kain polyster, sekarang saya bakal paparin lokasi kamu bisa print sublimasi. Syarat untuk print sublimasi adalah (1) warna dasar harus putih atau BW, gak bisa warna lain meskipun ada polysternya, apalagi item. Saya pernah coba dan nangis udahnya, gagal. (2) bisa motor dah, biar kelilingnya enak, siapin jas hujan dan minuman ringan, lumayan jauh dan bisa ngemil ketika di perempatan.
Print sublimasi meteran



1.      Print sublimasi di Pasir koja, Golden printing
Ini adalah vendor pertama sahabi mulai produksi. Lokasi lumayan jauh, di pasir koja, pokoknya perempatan terakhir sebelum tol ke jakarta. Setelah leuwi panjang. Pinggir jalan kok, di dalam ruko warna warni gitu, cukup mencolok. Kelebihan disini, mesin print sublimasinya gede, jadi sekali print bisa langsung banyak. Minimum print, satu meter. Nah ini yang enaknya,
Jadi kalo kamu mau print sublimasi, tanya dulu minimal satu meter itu di mesin ukuran berapa, ada yang 1 meter mesin ukuran kain maksimal lebar 150, 90,100. Nah, di golden, minimal satu meter dengan lebar 150cm. Panjangnya bebas, harganya 60.000/meter. Kualitas bagus asal sesuai bahan yaaa.

Minusnya, lamanya minta ampun, untuk produksi yang pengen cepet kayak produk saya, bisa makan waktu 3-4 hari untuk sekali cetak. Ngantri soalnya, soalnya kalo print sublimasi, prosesnya adalah di print di kertas transfer paper, baru di press ke kain. Pelayannanya juga bagus untuk beberapa pegawai dan menyebalkan untuk pegawai yang lain. Hati hati kalo gagal, saya juga pernah beberapa kali gagal. Kalo gagalnya dari dia, kain kita gak diganti, cuman jadi gratis cetak untuk perbaikan. Kita jadi rugi kain. Kadang pegawainya suka teledor. Tapi, buat produksi massal yang woles, golden rekomended. tapi, terimakasih golden, kamu telah membersamai perjuangan sahabi, kami takkan lupa.


2.      Print sublimasi cikutra baru (belakang gor citra)
Ini juga jadi lokasi kalo sahabi mau nyetak ketika butuh dadakan (sehari jadi). Tempat print ini bentuknya rumah biasa, home industri. Plus disini, dari waktu pengerjaan yang cepet banget. Bisa ditungguin atau  maksimal sehari. Minusnya, ukuran mesinnya kecil untuk sekali cetak. Maksimal hanya dilebar 88 cm, panjangnya bebas. Untuk produksi yang kecil belum ribuan ini lumayan mahal. Harga cetak per 88cm  dan maksimal lebar 1.5 meter adalah 50.000/meter. Pelayanannya oke, pegawainya pada ramah dan baik.

3.      Print sublimasi taman sari (pinggir kijang mas)
Menemukan tempat print ini karena iseng deket tempat kerja, ketika kesana, ternyata bisa print sublim, tempat nyetaknya nyatu sama kafe gitu. Plusnya sama kayak print sublimasi cikutra, bisa cepet. Pengerjaan 1 hari. Minusnya, sama ukuran mesiinya kecil juga, ukuran 100cm untuk lebar dan panjang maksimal di 2.5 meter. Kalo lebih, harus di bagi dua. Keliatannya gak merugikan? Sebenenernya ini nambah biaya kain, soalnya harus dipotong potong dan perca jelas gak bisa dipake. Harga per 100cm adalah 50.000/meter.

4.      Print sublimasi teh dewi, Logam Margacinta.
Nah, ini pelabuhan sahabi sekarang. Print disini lebih deket sama panti, tim sahabi bagian produksi kan anak-anak panti asuhan Al-Qomariyah di margahayu raya, jadi deket sama mereka, dibanding harus ke 3 lokasi sebelumnya. Ini pun hasil pencarian dari kesasar, kehujanan dan tertawa bersama. Plusnya, print disini murah. Ada perbedaan warna antara gradasi dan blocking, ukuran mesinnya pun besar, 160cm untuk lebar. Harganya pun 55.000/meter.
Minusnya, mesin press nya kecil, hanya di ukuran kain per 90cm, jadi kain kita akan dipotong-potong per 90cm, tapi enaknya kain perca yg ukuran 90cm, bisa pake. Uhuy!

Kalo temen-temen mau bikin produk dan butuh sample hasil printnan, bisa nebeng print bareng produk sahabi aja, harga bersahabat bisa menyesuaikan ukuran, mau minta tolong sekalian di print dan jait juga boleh. Feel free buat kontak saya ya. Whatsapp ada di bit.ly/sahabiorder (ketik url ini lsg direct ke whatsapp saya).

Pouch Custom

Bantal Custom


Itu baru 3 lokasi kain dan 4 lokasi printing, sebenernya masih banyak lokasi yang aneh-aneh yang kita temuin buat print. Kayak misalnya pesennya di riung bandung tapi ambil barangnya di leuwi panjang atau pesennya di cikutra tapi printnya di jakarta dan harus di JNE-in. Kalo inget pengalaman nyari tempat printnan selama ini banyak sukanya dibumbuin sama dukanya juga. Semoga tempat-tempat tadi bisa membantu kamu untuk membuka usaha juga ya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Enam Rekomendasi Wedding Souvenir dengan harga 10-ribuan!

Manusia pertama di bumi dan Kehebatannya