Dua hal yang harus diselesaikan oleh wanita mengenai dirinya ketika ada pria yang datang ingin melamar.


Usia wanita yang menginjak 23an berada pada titik rentan beruntuiya beberapa pertanyaan yang enggan untuk dijawab, enyah untuk dipikirkan dan terlihat rumit ketika menghadapi. Betul, hal tersebut akan dialami ketika kita belum siap. Sekelumit pertanyaan yang dirasa menjadi hal lumrah dan wajib ditanya ketika bertemu teman, keluarga dan orang tua adalah “kapan nikah”? dan sudah kerja dimana? Hal menakutkan untuk para pemuda diusia belia bukan?

Lalu, kebingungan lainnya akan tiba ketika kamu baru saja hijrah dari dunia kelam, tetiba ada pria “shalih” datang melamar, kamu yang enggan untuk mengulangi pacaran dan menumpuk dosa pada tuhan, pasti dibikin bingung bukan kepalang. Senang karena akan menjalin hidup rumah tangga dengan harapan visi sehidup sesurga namun bercampur kerisauan ketika ditanya kesiapan menjadi ibu rumah tangga, apalagi ketika mengalami pertama kali proses taaruf, proses yang kamu anggap tabu untuk mengenal pasangan tanpa berpacaran dan menghabiskan waktu berduaan sebelumnya.

Namun girls, ada beberapa hal yang harus diselesaikan oleh kita ataupun mereka, kaum misterius pria ketika akan mempertimbangkan lamaran. Girls, menikah adalah keputusan, pilihan, tak ada batas ukur berdasarkan umur, tak ada keterlambatan ataupun kecepetan. Semuanya subjektif, yang bisa menentukan tentu dirimu sendiri. Hal yang perlu diingat adalah agama amat sangat membenci perceraian, sedangkan seumur hidup itu lamaaa sekali. Jadi, pilihlah calon imam yang akan bersedia menua bersama, menikmati senja, saling memotong kuku pasangan dan siap menerima segala kekurangan.

1.     Selesai dengan masa lalu (udah move on)
Secara ilmu pengetahuan agama dan ketuhanan, saya masih cetek sekali, oleh karenanya yang saya tulis adalah murni pengalaman empiris pribadi dan pengamatan terhadap teman-teman yang betul-betul dekat. Semoga ini menjadi pembelajaran agar kita tidak hanya terpancing oleh meme instagram, melihat romatisnya pasangan ketika baru menikah, melihat kemesraan pasangan halal ketika travelling bersama, mencium kening istrinya atau diberi kejutan dihari ulang tahun pernikahan. Girls, itu media, penuh ilusi dan fatamorgana. Satu hal yang tidak bijak kita memutuskan menikah karena melihat media dan berpikir enaknya saja. Namun, saya amat sepakat, dibanding pacaran gak jelas, maksiat tidak berkesudahan, ketika kamu dan pasangan sudah memutuskan untuk menikah dan siap atas pribadi satu dan lainnya, menikah saja.

Nah, tapi jangan jadikan menikah karena kamu sudah bosan dengan kesendirian, merasa sudah tua dan waktunya menikah atau ingin melupakan mantan. Menurut saya, menikah itu soal kepantasan, komitmen, konsekuensi, tanggung jawab dan bentuk syukur kepada sang maha pencipta.

Girls, ketika ada pria baik yang datang dan meminta kita untuk menjadi istrinya, jangan menerima karena berpikir bahwa dia sholeh, tapi kita belum sholehah, tapi kita masih sering kepoin akun mantan, masih sering ngomongin kecengan. Kasian si cowonya, udah berusaha serius, udah tunjukin keberanian. Gak banyak cowo baik di muka bumi yang berani di usia muda untuk menikah tanpa pacaran, spesies langka. Jadi, kalo kamu belum move on dari masa lalu, pantesin diri aja dulu, jangan lupa berdoa sama allah, minta ditunjukin, ini udah waktunya kamu apa belum?

Taaruf itu bukan proses final yang kamu tidak boleh menolak. Bukan juga proses kaku dan mutlak yang kamu tidak boleh mengetahui mengenai kepribadian pasangan. Justru, taaruf memberikan kamu peluang untuk mengetahui jauh mengenai pasangan lewat cara yang santun dan beradab. Tanpa kemesraan, tanpa modusan, tanpa harapan. Ketika suka dan mau lanjut prosesnya, bilang iya, mantap, tanpa tapi. Ketika tidak, ya berhenti gak usah ngoyo untuk memohon sampe nyiapin 1000 bucket bunga biar tetep lanjut taaruf.



Lah, terus gimana cara tau si pasangan kalo tanpa chatingan, tanpa tlpnan, tanpa ketemuan dan tanpa main bareng?
Analogi sederhana adalah ketika kamu ingin membeli perangkat baru, keluaran baru dari apple, microsoft atau google, apa yang kamu lakuin? Kamu masih sangat awam sama si produk tapi udah kepalang suka dan tertarik dengan liat pertama kali meski masih di layar kaca dan liat demonya di youtube.

  •     Pasti googling spesifikasi di google, di kepoin sampe thread yang paling buruk sekalipun, kekurangan dan kelebihannya, gak cukup satu halaman, sampe 20 halaman dibukain satu-satu. Kenapa rela banget kayak gitu? Karena kamu bakal keluarin budjet gede, karena kamu akan menghabiskan banyak waktu sama si perangkat baru dan kamu bakal ngukur, cocok gak ya budjet kita, cocok gak ya buat kerjaan selama ini, bisa gak ya pakenya, nyusahin gak, ribet gak servicenya, dll.
  •     Setelah tau spesifikasi, pasti nanya dulu sama yang punya perangkat, bisa dateng ke outletnya, liat demonya di youtube, terus minta restu sama ibu dan bapak. Boleh gak pak nih beli perangkat ini? Mahal tapi, keren sih. Ibu dan bapak pasti bilang, coba ajak nanti ibu dan bapak liat perangkatnya, tunjukin videonya, liat spesifikasinya, kalo bagus dan sanggup ya monggo beli.
  •     Tanya temen-temen yang udah pernah pake atau tanya ahli perangkat yang bakal paham sama daleman si perangkatnya.
  •     Tentu ketiga hal tersebut dilakuin sama kamu yang memang inisiatif, gak pemalu dan pantang menyerah. Kalo malu gimana? Gak biasa jalan keluar sendiri, googling gak punya banyak waktu? Selain berdoa sama allah, minta ibu dan bapak / kakak / guru kamu untuk nyari tau soal si perangkat. Minta pertimbangan mereka, usai dah.


2.      Ukur diri! Pantes gak buat doi?
Saya amat meyakini bahwa kita akan selalu dipertemukan dengan orang yang serupa. Entah serupa dalam segi masa lalu, serupa dalam hal mimpi, serupa latar belakang dan serupa yang lainnya. Kita juga akan dijodohkan dengan dirinya yang sesuai dengan kepribadian kita hari ini. Kita berkeyakinan ingin memiliki calon imam yang shalih, nyunnah, rajin sholat berjamaah, membimbing kita dalam ketaqwaan, rajin menularkan hafalan, berbudaya dan memiliki jiwa sosial yang tinggi. *eh buset curcol!

Tapi, kitanya sholat aja masih malesan, kadang sering telat, hafalan aja masih cetek banget, diajakin baksos aja males, seringnya ya ikut-ikutan aja, ngeliat yang jilbab lebar masih nyinyir, diminta ngejulurin jilbab aja enggan, kayak ibu-ibu katanya. Tapi, minta yang sholeh sempurna dunia?

Girls, gimana cara Allah bikin kita ketemu sama si doi kalo kita aja gak ngedeketin ke tempat-tempat doi berada? Ini bukan dunia dongeng atau drama korea yang bisa bikin semuanya terjadi tiba tiba dan jomplang satu sama lain. Kecuali, bener-bener qadarullah, nah akal saya juga gak nyampe kalo soal ini, udah campur tangan allah yang main ya kun fayakun.

Ada pembantahan yang dateng mengenai hal ini. Lah, kan kita pengen ada yang bimbing, pengen yang sholeh, ngajak muamalah. Pertanyaannya, yakin siap diajak lari dalam beribadah?
Contoh sederhana gini. Allhamdulilah banget nih ternyata yang lamar kita lulusan madinah, jangan ditanya soal hafalan, jangan ditanya soal puasanya, sholat malem dan ibadah yang lain. Pol semua. Doi mau banget menerima kita apa adanya karena memang ibadah ladang dakwah. Kitanya, masih baru bannget hijrah, juz amma pun belum hafal semua, puasa pun masih senin kamis yang se-maunya.
Karena kita pun berniat ingin ibadah dan dibimbing, akhirnya menikah.

Hari pertama, beuh kita melihat ada pangeran tampan, sholeh dihadapan kita, mendengar lantunan ngaji setiap hari, teduh rasanya. Tiba pada masanya, kamu pun akan diminta untuk ngaji, sholat tepat waktu dan masih suka ngobrol haha hihi sama temen-temen. Pasti dilarang kan? Pasti dimarahin, pasti diarahin untuk gak ngelakuin lagi. Belum lagi ketika di tes bacaan, waduh masih berantakan, doi jadi makin rajin plus ngegeder kamu banget. Tiap hari setor hafalan. Ini gak masalah banget buat kamu yang memang sudah niat dan siap untuk belajar. Kalo belum? Ini kayak paksaan, karena hidayah itu adalah soal allah yang kasih dan perlu dijemput. Belum lagi ketika suami minta kita menjulurkan jilbab lebar bahkan bercadar. Girls, kalo udah nikah, surganya kita udah pindah, ke suami. Bukan ke ibu bapak lagi, omongan suami nanti udah kayak fatwa, kudu diikuti, selama tentunya tidak bertentangan dengan aturan allah.

Belum lagi, si suami minta dimasakin tiap sahur ketika puasa sunnah. Kita yang sering bangun siang dan jarang sholat malem. Ini siksaan. Ngantuk bos, padahal ekspektasinya adalah kamu dan pasangan bisa sama-sama saling membangunkan. Tahajud bersama, realitanya, sama-sama istigfar setiap saat.

Misal lagi, ketika doi rajin banget sedekah, seneng banget bantu orang, rela banget setiap hartanya lebih banyak dikasih ke kaum dhuafa bahkan dibanding kepentingan pribadi. Kamu, sebagai ibu rumah tangga yang berpikir kebutuhan, sedikit bertanya, mempertanyakan. Wajar banget emang, tapi lagi-lagi, kalo gak sekufu, sedekah aja bisa jadi masalah.

Jadi girls, ini juga berdasarkan pengalaman pribadi penulis. Ukur diri dulu sebelum menerima pinangan. Jangan terlalu tinggi, tapi tidak juga banyak toleransi dalam kriteria calon suami. Misalnya kalo kebayakan toleransi, kita nih yang mau banget jadi wirausaha tapi gak mau kerja ngantor, cerita tuh sama si calon suami, gak banyak di respon kalo dimintain pendapat, gak banyak bantu, gak dukung kalo setiap ada acara. Tapi, kebiasaan cewe, pasti mikir. “ah, nanti juga pas nikah berubah, masa iya istri usaha gak di dukung”.
Nah, ini namanya pengharapan kepada manusia, yang pada akhirnya malah akan kecewa juga.

Kalo doi dan kamu memutuskan untuk berubah dan memperbaiki diri, ya sebelum menikah, bukan setelah menikah, dan atas kemauan pribadi, bukan karena dorongan orang lain. Perubahan karena orang lain atau motif lain akan hilang dan pudar seiring berakhirnya si motif. Ngaca aja, sejelas-jelasnya. Kalo udah jodoh, emang gak bakal kemana.



Nb : Sebagai manusia dengan kepribadian dan cara belajar kinestetik. Saya belajar mengenai proses taaruf atas pengalaman sendiri dan pengalaman teman dekat yang menikah dengan taaruf. Ini bukan tulisan kepedihan karena gagal taaruf, justru buat saya, ini refleksi dan persiapan kembali untuk taaruf yang betul-betul akan dipersiapkan nanti. Semoga allah meridhai setiap jalan kita ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 lokasi cetak kain (sublimasi) dan lokasi hits beli kain polyester di Bandung. Cocok untuk pengusaha produk custom

Enam Rekomendasi Wedding Souvenir dengan harga 10-ribuan!

Manusia pertama di bumi dan Kehebatannya