#7 TIPS | BERANI MEMULAI KULIAH MANDIRI


 
Sumber : www.google.co.id
Pernah kepikiran gak sih kalo takut kuliah karena duitnya ga cukup? Atau khawatir gak kebayar kuliah ditengah jalan, akhirnya putus kuliah, nganggur gak jelas terus hopeless buat jadi sarjana? Saya yakin kebanyakan orang yang akan memulai kuliah dengan cara mandiri pasti menakutkan hal ini. Saya pun begitu, 5.5 tahun yang lalu ketika saya akan memutuskan akan menempuh pendidikan tinggi.

Sore hari pada tahun 2011 selepas saya lulus SMK, saya terbiasa bercerita soal mimpi saya sama ibu. Saya yakin, kalo kita sering cerita soal mimpi dan harapan secara rinci sama orang lain, apalagi ibu, bakal kekabul kok. Insya Allah. Nah, saya bilang tuh, kalo saya mau kuliah, mau jadi sarjana, pengen jadi pengacara biar bisa bawa adik saya pulang.

Ibu cuman bilang, ibu janji hanya akan memberikan kamu nutrisi yang cukup dan doa setiap hari biar kamu bisa menempuh pendidikan tinggi, kalo soal biaya, kamu harus cari sendiri, itu pun kalo kamu bener-bener mau kuliah. Kalo ngga, kerja aja dulu.

Mundur gak sih dibilang gitu sama ortu? Saya malah ngga sama sekali. Justru ibu kasih saya senjata utama dan terbesar. Pertama, ibu janji bakal kasih nutrisi yang cukup, itu artinya kesehatan akan terjamin luar biasa, kalo sehat kita bisa lakuin apapun dan usaha apapun. Kedua, ibu janji akan selalu mendoakan. Pernah denger kan kalo ustadz lagi ceramah, kalo ridho Allah sama dengan ridho orang tua? Oleh karenanya, mau kuliah? Do it well!

Oke, tantangan pertama. Kamu harus mengenal diri kamu sendiri, kalo kamu orang yang rajin nabung, bisa nahan buat ga kepake sama hal-hal insidentil, cara kerja dulu baru kuliah, ini pas. Tapi, tidak untuk saya. Orang yang harus dipacu sama deadline, sama tuntutan, orang last minute, kalo dikasih kerja dulu, yang ada tabungannya gak bakal kekumpul sampe hari H, pasti ditengah-tengah diajak temen bikin ini, bikin itu, pasti mau. oleh karenanya, saya memutuskan untuk kuliah sambil kerja. 
(meski saat itu, saya belum dapet kerjaan tapi udah  memutuskan mau daftar kuliah)


Tiba-tiba pindah kampus pilihan

Saya bilang ini godaan, atau mungkin emang saya kurang aja keras kerasnya, jadi ceritanya baru lulus aja udah dapet banyak bullyan dari temen-temen sekolah. Pasalnya, selama SMK alhamdulilahnya saya dikasih kesempatan buat jadi juara kelas hampir setiap tahun. Mentok-mentok rangking 2, temen-temen saya yang rangkingnya gak beda jauh, udah pada dapet kampus, mostly mereka banyak yang di negeri. UN*AD, U*I , I*B, STK* atau beberapa kampus negeri favorit lain. Sedangkan saya, udah test dua kali di Univ negeri, sekolah kementrian, alhamdulilah gagal semua (nanti saya bakal cerita kenapa saya mengucap syukur gagal masuk SBMPTN kala itu).

Akhirnya setiap mau ke sekolah SMK buat ambil SKHUN, ijazah atau berkas lain sering di remehin. “masa juara umum gak lolos hampir semua test perguruan tinggi, padahal tuh saingan kamu udah masuk ini, dia aja yang ngga rangking udah masuk univ itu, kamu kok malah …”

 *hmm, saya selalu kabur ditanya begitu”

Akhirnya, pada hari itu juga, saya tetap bersikukuh untuk masuk ke perguruan tinggi swasta yang ratingnya lumayan tersohor di Bandung, mau ambil jurusan hukum. Udah dapet formulir, tinggal meluncur ke kampus yang ada di deket ciumbuleuit, tiba-tiba kehausan di perjalanan, akhirnya mampir ke sekolah buat beli jus durian yang ada di kantin.

Eh, sebelum ke kantin tiba-tiba ada guru kesiswaan manggil.

“Pah, sini dulu”
“Eh bapak, apa kabar pak?
“Gak usah basa-basi, kamu udah dapet kampus belum?
“ini baru mau pak, mau daftar ke UN*AR.
“Ngambil jurusan apa?
“Hukum pak”
“Kok lulus pekerja sosial ngambil ke hukum, kenapa ngga nerusin ke yang satu jurusan? Kan sayang udah sekolah 3 tahun ngga dilanjutin.
“Ngga lolos tes pak pas ke STK*, ke UN*AD juga, ke U*I juga, jadi akhirnya saya milih ke UN*AR”.
“Udah coba ke U*PAS belum? Kan ada jurusan kesosnya?
“Belum pak, ngga ah mau masuk hukum aja.
“Coba sama bapak di tes beberapa pasal sama undang-undang soal hukum yah. Coba jelasin apa bedanya hukum perdana sama perdata, sebutin salah satu aja KUHP yang kamu tau.

*BLANK*

“Hmm, ngga tau kan, masa mau masuk jurusan hukum bedanya pidana sama perdata ngga tau”

*ceramah 1 jam soal kenapa ngga nerusin aja ke jurusan yang sama*

saya pun angguk-angguk dan akhirnya kepikiran untuk pindah tujuan kampus.

“Ketua jurusannya kebetulan bapak kenal, karena kamu juara umum kemarin di sekolah, bapak rekomendasiin kamu ke beliau, biar nanti beliau bisa bantu kamu”
Tut.. tut.. tut, Halo pak dhani, ini saya mau ngobrol soal anak didik saya di sekolah, dia itu … *jelasin panjang lebar soal saya.

Beberapa menit setelah menghubungi ketua jurusan.

“oke pah, sekarang kamu ke U*pas aja, ketemu sama pak dhani, beliau ketua jurusan, kamu bawa sertifikat kamu kemarin, kamu bisa masuk tanpa tes.

Ruang jurusan Kesos U*pas.

Ketua jurusan saat itu, Pak sumardhani, kini beliau udah jadi wakil dekan III di Fisip Unpas. Pak dani juga yang membantu saya dari awal hingga mau lulus sekarang.

*jelasin soal sistem perkuliahan dan prospek kuliah ke depan*

Hingga pada titik akhirnya, pak dani jelasin soal berapa biaya yang harus saya bayar untuk bisa masuk ke Unpas.

"11.500.000 ya pah, untuk tahun pertama, sudah termasuk biaya ospek dan LAB satu tahun"

rasanya masih ada duren yang tadi di minum di kampus.

“Berhubung karena kamu di rekomendasiin sama guru kamu di SMK, katanya kamu pinter yah, kamu boleh cicil biaya kuliah. Yang penting, yang harus kamu bayar dulu, biaya ospek sama uang semesteran aja.
“hehe, ngga pinter pak, cuman kebetulan jenius aja” (ini hanya gumaman)
“Nah itu dia pak, kalo saya harus bayar sekarang biaya kuliah selama setahun itu, belum sanggup pak, saya akan mengajukan cicilan untuk bayar kuliah saya.
“kamu udah kerja?
“uudah pak” (padahal belum)
“oh yaudah, kamu bayar aja dulu 2.500,000, buat ospek dan 25% uang semester yah, sisanya kamu angsur setiap bulan.
“siap pak!

*di rumah

"Mah, ipah mau kuliah, boleh dicicil, tapi ipah butuh bantuan mamah untuk bantuin bayar uang diawal, ipah janji, sisanya ipah yang bayar sendiri dan ipah gak bakal bilang ke mamah lagi kalo setiap harus bayaran kuliah.

mamah sepakat

Kejadian ini bener-bener dialamin, ketika setiap tahun orang tua saya ngga pernah tau kapan saya harus bayar uang kuliah, ketika saya harus diambang cuti dan putus kuliah eh tapi akhirnya gak jadi, ketika saya harus ikutan terus ujian susulan dan nilai berceceran, harus dilalui sendiri. Komit sama pilihan awal, ngga boleh repotin orang tua lagi. *setidaknya soal kuliah. Wkwk.

-----------
Sepenggal kisah itu adalah kejadian yang ngga pernah saya lupain sampe sekarang, ketika kamu akan memutuskan sesuatu yang mungkin terasa ngga mungkin  buat kamu lakuin, tapi kalo kebanyakan mikir dan takut, kita ngga pernah tau kan kita bisa berhasil apa ngga.
Sekarang, saya udah diambang kelulusan, lagi nunggu jadwal sidang akhir. Meski belum tahu kapan saya bakal sidang dan lulus, saya selalu percaya, bahwa setiap manusia punya waktu yang giliran yang tepat buat mencapai mimpinya. Yang penting, tetep yakin!

--------
Jadi,  yang perlu kamu catet dan pertimabangkan adalah :

1. kamu harus pinter-pinter milih kampus, kalo saya lebih memilih untuk ngga masuk kelas karyawan. Selain temen-temennya juga pasti kebanyakan yang udah kerja, saya ngga bisa ikutan organisasi, kegiatan kemahasiswaan ataupun projekan dosen. Jadi, saya milih kelas reguler, jadi kalo nyari kerja, pasti part time-an. Inget banget ketika awal ngampus pernah kerja jadi mysterious shopper, ngerjain tugas temen sekelas dan dibayar, fasilitator acara, dagang sampe ikutan lomba yang ada duitnya. Pernah juga dibantuin sama orang, tiba-tiba dibayarin. Serius, ini mempan sekali.

2. kamu harus pastiin kalo kampus kamu memperbolehkan sistem biaya angsuran. Sebenernya kalo liat di web kampus, ngga ada pemberitaan kalo kampus saya menerapkan sistem angsuran. Jadi, kamu harus merajuk sendiri ke pihak kampus, dengan catatan memang kamu bener-bener membutuhkannya.

3. Jangan pernah malu untuk ngakuin kalo kamu kesusahan bayar kuliah, serius rasanya enteng banget kalo kamu usaha sendiri, terharu dah pas rasanya mau kelar. Jangan gedein gengsi buat ningkatin gaya hidup, gak usah ikut-ikutan jadi anak gaul kalo emang blm sanggup. Hidup sewajarnya aja. Kamu gak bakal mati kalo ngga gaya kok.

4. Pilih jurusan yang memang itu adalah passion kamu. Kalo kamu masuk ke jurusan secara asal, gak niat, bakal susah. Masalahnya, sepanjang 4 taun kamu kuliah, kamu bakal bagi waktu kamu ekstra ketat. Kerja, kuliah, ngerjain tugas dan organisasi (kalo mau). Kalo ngga suka dan malah jadi beban, stress di salah satu, malah ga fokus semua.

5. Kamu bakal dihadapkan pada pilihan. Kalo kamu kerja sambil kuliah kelas reguler, kamu bakal kehilangan salah satu dari pilihan ini. Pertama, kamu kerja dengan waktu yang bener-bener luwes, duitnya dikit tapi kamu dapet pertemenan yang ketat di kelas. Kedua, kamu kerja di waktu yang dikejar sama jam kerja. Saya memutuskan untuk merelakan pertemanan dikelas. Setiap habis jam keluar kelas, udah langsung harus kerja atau ke sekre buat kerjain tugas. Konsekuensi, temen deket saya cuman satu dikelas, bertahan hanya satu hingga saya hampir lulus kuliah.

6. Jadi mahasiswa yang pinter. Ini salah satu nilai tawar saya di kampus, biar kalo kamu merajuk pengen dibantuin kampus, kampus punya alasan kenapa harus bantuin kamu. Saya rajin ikutan kompetisi, mau itu karya ilmiah, speech, Mapres atau bantuin kerjaan dosen. Intinya, bangun terus nilai tawar yang bisa dijual. Kalo udah malesan, IPK pas-pasan, bantuin ngga pernah, ya susah.

7. ini yang penting, punya mental kaya. Kalo kamu liat simulasi berapa jumlah yang harus saya bayar dan pendapatan saya perbulan, kalo pake kalkulasi orang normal, saya yakin, ngga bakal kebayar. Makanya, matematika yang harus dipake adalah matematika tuhan. Dapet 1, kasih 10. Meski belum dapet duit banyak, sedekah harus tetep. Kalo belum sanggup sedekah harta, sedekah tenaga. Sering-sering bantuin orang, jangan itungan. Jangan takut gak dikasih rezeki kalo kita punya tuhan sang maha pemberi rezeki, jangan takut ngga dibantuin kalo setiap orang butuh bantuan kita selalu jadi garda terdepan.


Doain ya, biar cepet sidang akhir, tuntas dengan puas. Kamu yang mau untuk memulai kuliah dengan cara mandiri, jangan pernah takut buat coba ya. Kalo pun gagal ditengah jalan, setidaknya kan pernah ngerasain jadi mahasiswa. Haha. Tapi, kata ibu saya, kalo buat pendidikan, allah pasti kasih rezeki, entah darimana munculnya. Iya, ibu benar. Aku sepakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 lokasi cetak kain (sublimasi) dan lokasi hits beli kain polyester di Bandung. Cocok untuk pengusaha produk custom

Enam Rekomendasi Wedding Souvenir dengan harga 10-ribuan!

Manusia pertama di bumi dan Kehebatannya